CHOICES

Senin, 15 April 2013

Karya Terbaik


Ada banyak bentuk seni yang kita kenal saat ini, sepertipuisi, lukisan, musik, tari, dan beragam lainnya. Sebagai seseorang yang sangatmencintai seni dan bagaimana ia membawa kita pada  pemahaman dan dimensikehidupan yang lebih dalam, saya pun sangat suka mengamati bagaimana masing-masing jenis seni tersebut bekerja dan menyampaikan maksud mereka kepadamanusia. Dan dari sekian banyak daftar karya manusia tersebut, saya beranggapanbahwa sebuah video musik adalah yang terbaik.

Kesempurnaan ada di dalam keterbatasan.

Kita mesti mengerti bahwa kelimpahan tidak selalu sejajar dengan kebahagiaan. Begitu punyang terjadi dalam hal ini. Banyak orang beranggapan bahwa seni paling rumitadalah yang terbaik. Tapi lagi-lagi hanya perspektif diri yang berperan dalam hal ini. Itu sebabnya mengapa banyak orang yang mencintai karya seni abstrak.Sebab hati merasa yang menilai ketika itu. Memori mereka memberikan kontribusipada makna yang terbentuk.

Banyak orang beranggapan bahwa seni lukis adalah seni paling sederhana. Sebab hanyaada sedikit elemen dan dimensi di sana. Saya pun beranggapan demikian, maafjika tak berkenan. Kemudian ada musik, dengan elemen suaranya. Mungkin sedikitlebih baik. Dan film yang menggabungkannya menjadi satu. Dan menambahinyadengan durasi yang lebih serta rangkaian cerita yang kompleks. Lalu, mengapa bukan film yang terbaik?
Seniterbaik ada untuk memberikan makna pada lebih banyak orang.

Karena itulah film menjadi terlalu spesifik bagi saya karena unsur cerita yang terlalu detil untuk memberikan efek besar pada para penikmatnya, yang memilikipengalaman beragam dan pemmikiran yang juga rumit.
Untuk itulah, sebuah video musik dapat memiliki segalanya, dalam keterbatasannya.Musik indah meskipun sederhana akan dikenang sepanjang masa. Tampilan visualpun dapat mewakilkan keadaan dengan berbagai cara yang kreatif. Namun bagi sayapribadi keterlibatan gambaran alam dapat lebih membawa makna universal bagi manusia. Karena tidak bisa dipungkiri, kita terikat dengan alam, tidak langsung.Mungkin itulah mengapa banyak orang memilih ketenangan pemandangan alam untukwalpaper gadget mereka.

Dan lirik mungkin adalah unsur terkuat dari sebuah video musik sebagai satu karya manusia. Mengapa? Karena di sinilah kecerdasan seorang manusia tercermin. Lirikyang terlalu gamblang justru memperlihatkan ketidakmampuan penciptanya untukmenciptakan sesuatu yang lebih puitis. Atau ia juga tidak terlalu memikirkan keadaan para pendengar yang berbeda. Atau ia juga hanya egois mementingkan dirinya sendiri. Ia bodoh. Ia berpikir bahwa para pendengar musik juga adalah orang bodoh.

Lirik yangbaik adalah yang sempurna, yang membatasi dirinya sendiri, sehingga ia mampumenjadi begitu berarti untuk lebih banyak orang. Ada banyak kisah hanya dalamsatu petak rumahmu, dan apakah sebuah lagu dapat memberikan arti yang samadalam dengan kata-kata yang gamblang ?

Itulah sebabnya banyak seniman besar dihargai dengan karyanya yang mungkin sulit dimengerti. Sebab hanya orang bodoh atau tak peduli yang tidak mengerti arti dari karya tersebut. Mereka telah berpuas dengan hidup yang apa adanya. Mereka hidup bukan untuk esensi.

Karya seni harus membangkitkan pemikiran danemosi kita sebagai manusia.
Ia harusmembantu kita menemukan sesuatu lain yang berarti.

15.07, Sei Kambang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar