CHOICES

Kamis, 20 Juni 2013

Pura Gunung Kawi yang Penuh Nilai Sejarah.



Salah satu objek wisata sejarah di kabupaten Gianyar, Bali adalah pura Gunung Kawi. Bangunan dan hasil pahatan kuno di areal pura ini merupakan sisa dari kerajaan Bali di masa lampau.

Pulau Bali memiliki potensi wisata sejarah yang tidak kalah dengan wisata alamnya. Untuk anda yang suka berkunjung ke objek-objek pariwisata bersejarah, mungkin pura Gunung Kawi adalah salah satu yang mesti anda coba datangi. Pura yang bertempat di kabupaten Gianyar, Bali ini memiliki memiliki candi yang secara langsung dipahat pada tebing, dan di sini anda pun dapat menemukan situs-situs dan peninggalan purbakala dalam bentuk bangunan dan juga pahatan khas Bali.

Para pengunjung pura Gunung Kawi ini diharuskan membeli karcis seharga Rp 6.000,00 saja per orangnya untuk memasuki kawasan pura. Areal utama pura pun hanya bisa dicapai oleh para pengunjung dengan cara jalan kaki yang cukup jauh dari tempat parkir. Selain itu, karena lokasi yang berada di bagian dasar lembah, anda pun harus menuruni lebih dari tiga ratus anak tangga lagi untuk tiba di puranya.

Meskipun nampak melelahkan, akan tetapi para wisatawan akan dapat merasakan suasana dan pemandangan yang masih sangat indah dan alami, seperti sawah-sawah yang dibuat bertingkat di daerah perbukitan. Areal pura Gunung Kawi ditemukan pada tahun 1910, dan terbagi menjadi dua wilayah,  yaitu di bagian timur dan juga barat dari Sungai Pakerisan dan puranya pun dibagi jadi empat gugusan. Pura ini pun seringkali dipakai untuk mengadakan upacara Piodalan tiap bulan purnama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar