CHOICES

Kamis, 20 Juni 2013

Sisa Sejarah Kerajaan Bali di Pura Tirta Empul



Salah satu pura yang dapat anda kunjungi di wilayah Gianya, Pulau Bali ialah Pura Tirta Empul. Di sini anda pun dapat menemui sebuah pemandian yang sangat menarik untuk wisata dan rekreasi.

Bali telah dikenal sebagai satu tempat wisata paling favorit di Indonesia. Di pulau ini, anda dapat menemui banyak objek wisata yang beragam dari wisata alam, wisata sejarah, dan wisata budaya. Salah satu objek wisata sejarah yang patut anda sambangi di sini adalah Pura Tirta Empul. Pura yang merupakan salah satu bentuk peninggalan dari kerajaan Bali ini memiliki lokasi di Gianyar, tepatnya di desa Manukaya, kecamatan Tampaksiring, yang memiliki jarak sekitar 36 km dari ibukota provinsi Bali, Denpasar. Lokasinya pun sangat dekat dengan istana presiden.

Nama pura ini pun sebenarnya berasal dari nama mata air Tirta Empul yang ada di bagian dalamnya.  Tirta Empul sendiri apabila diartikan secara etimolog memiliki definisi sebagai air suci yang muncul dari dalam tanah.  Mata air ini mengalir dari daerah Manukaya tersebut menuju sungai Pakerisan. Pura ini sendiri didirikan oleh raja Chandra Bhayasingha sekitar tahun 960 A.D.  Pura ini pun terdapat tiga bagian  yaitu halaman muka atau yang disebut jaba pura, halaman tengah atau jaba tengah, dan halaman dalam atau jeroan.

Di pura Tirta Empul ini sendiri terdapat sebuah pemandian yang sering digunakan oleh warga sekitar maupun wisatawan untuk melukat atau menyucikan diri. Dikarenakan nilai sejarah serta adanya pemandian dengan kondis yang sejuk dan nyaman, maka tidaklah aneh jika pura ini dapat menjadi salah satu pilihan tujuan wisata anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar