CHOICES

Kamis, 20 Juni 2013

Rona Sejarah dan Budaya dari Pura Blanjong



Pura Blanjong ialah sebuah objek wisata sejarah dan budaya yang terdapat di Denpasar Bali. Di sini terdapat sebuah prasasti yang mengungkap sejarah dari masa kekuasaan raja Cri Kesari pada tahun 835 caka.

Wisata budaya merupakan salah satu yang paling dikagumi dari pulau Bali. Dari banyak objek wisata tersebut yang mungkin saja belum terlalu anda kenal ialah pura Blanjong. Pura ini memiliki lokasi di kecamatan Denpasar Selatan, tepatnya di daerah Banjar Blanjong, desa Sanur Kauh. Pada lokasi ini anda akan dapat melihat sebuah prasasti bersejarah yang  bernama sama dengan puranya, yaitu prasasti Blanjong.
Terkait dengan prasasti Blanjong, prasasti ini bisa dikatakan yang laing langka di Bali sendiri dan hanya ada satu di sana. Ketika ditemukan tahun 1930-an oleh Stutterheim, keadaannya pun sudah lumayan rusak. Prasasti ini pun dibuat dengan dwibahasa, yaitu dengan bahasa Bali Kawi dan juga bahasa Sansekerta. Terbuat dari batu padas dan ditempatkan dalam ruang kaca, prasasti ini pun masih terawat dengan baik.  Di prasasti Blanjong ini pun juga disebutkan sedikit sejarah dari masa kekuasaan raja Cri Kesari pada tahun 835 caka ketika ia menumpas musuhnya tanpa ampun.
Wilayah pura ini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu jeroan atau halaman dalam dan juga jabaan atau halaman luar. Berada di ketinggian sekitar 26 meter di atas dari permukaan laut, anda pun dapat menuju ke pura Blanjong ini melalui jalan yang menuju jalan dari Danau Poso.  Jadi para wisatawan tidak perlu cemas untuk mengunjungi pura ini dikarenakan akses yang sangat baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar